The Only Galaxy

Berbagi Dalam Keheningan

Minggu, 17 Agustus 2025

Azan, Iqamah, Qabliyah, Ba'diyah (2:2) | Fiqh


 

FIQIH


F. Waktu Jedah Antara Adzan dan Iqamah
Karena tempat pelaksanaan shalat berjamah

umumnya di masjid, maka adzan adalah cara terbaik
untuk memanggil jamaah agar hadir ke masjid guna
melaksanakan shalat berjamaah sebagaimana
maksud dari disyariatkannya adzan. Setiap kali
adzan berkumandang, setiap itu kita diingatkan
bahwa waktu shalat sudah masuk, dan mari segera
menjawab panggilannya dengan segera pergi ke
masjid, meninggalkan sebentar aktivitas yang
sedang dilakukan.

Mereka yang dipanggil untuk shalat tentunya
dalam keadaan yang beragam, ada yang sedang
tidur, ada juga yang sedang makan, ada yang sedang
menyetir kendaraanya, ada juga yang sedang
berjualan, ada yang masih dikamar mandi, ada yang
sedang belajar, ada juga yang sedang mengantri ke
kamar mandi, dan ragam kegiatan lainnya.

Berangkat dari kenyataan seperti inilah maka
ulama menganggap perlu adanya jedah waktu yang
pas antara adzan dan iqamah pada setiap shalat
fardhu. Hal ini sesuai dengan maksud dari adzan itu
sendiri, dimana tujuannya adalah memanggil dan
menyeru masyarakat sekitar agar hadir ke masjid.
Itu artinya, setelah adzan kita harus menungggu
mereka sebentar hingga mereka kumpul dimasjid.

Jika mereka yang kita panggil sedang makan,
kiranya kita memberikan jedah waktu hingga dia


selesai makannya, jika mereka yang kita panggil
belum dalam keadaan berwudhu, kiranya kita
memberikan jedah waktu agar dia cukup untuk
berwudhu, jika panggilan subuh dan mereka yang
dipanggil dalam keadaan junub, kiranya jangan dulu
iqamah sampai mereka diberikan watu yang cukup
untuk mandi, dan seperti itu seterusnya.

Untuk itulah Rasulullah saw pada waktu itu
mengingatkan Bilal akan hal ini:

ُأذََانهكَُوَإهقَامَتهكَُنَ فَسًاُيَ فْرهغهُالْْكهلهُ ،ُاجْعَلُْبَيَْْ يََُبهلََله
ُ ُفِه ُحَاجَتَهه ئه تَ وَضيه ُالْمه ي ُوَيَ قْضه ُمَهَلٍ، ُفِه هه ُطَعَامه نْ مه

مَهَلٍُ
“Wahai Bilal, berilah jedah waktu antara adzan da
iqamahmu, agar yang sedang makan bisa
menyelesaikan makannya, dan yang sedang
wudhu bisa menyelesaikan segala hajatnya. (HR.
Ahmad)

Juga sabda Rasulullah saw berikut:

نُْ ُمه ُالْكهله ُيَ فْرهغه ُمَا ُقَدْرَ ُوَإهقَامَتهكَ ُأذََانهكَ ُبَيَْْ وَاجْعَلْ
ُدَخَلَُ ُإهذَا ره عْتَصه

ه
ُوَالم رْبههه، ُشه نْ ُمه ُوَالشَارهبه ُُأَكْلههه، لهقَضَاءه

ُ حَاجَتههه،ُوَلَُتَ قهومهواُحَتََُّتَ رَوْنه
“Wahai, Bilal, berilah waktu jeadah antara adzan
dan iqamahmu untuk mereka agar menyelesaikan
makannya, dan menyelesaikan minumnya, juga


untuk mereka agar yang sedang buang hajat
menyelesaikannya, dan janganlah kalian iqamah
kecuali setelah melihatku” (HR. Tirmidzi)

Belum lagi ditambah dengan kenyataan bahwa
ada anjuran untuk melaksanakan shalat sunnah
antara adzan dan iqamah, jika langsung shalat
rasanya terlalu terburu-buru dengan tidak
memberikan jedah untuk mereka yang ingin
melaksanakan shalat sunnah.

Rasulullah saw mengingatkan dalam hadits yang
diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim:

ُثُهَُقاَلَُ ،ُ ُصَلَةٌَ ُأذََانَيْْه ليه كُه ُبَيَْْ ُصَلََةٌ، ُأذََانَيْْه ليه كُه بَيَْْ
ُالثاَلهثَةه:ُلهمَنُْشَا ءَُفِه

“Diantara dua adzan (adzan dan iqamah) ada
shalat, diantara dua adzan ada shalat, dan kali
ketiganya Rasul bersabda: bagi siapa yang mau
mengerjakannya”

Sebenarnya otoritas iqamah itu ada pada imam,
itupun jika seandainya di masjid tersebut ada imam
tetap, hal ini sesuai dengan apa yang Rasulullah saw
perintahkan kepada Bilal selaku muadzin untuk tidak
iqamah kecuali setelah melihat Rasulullah saw
datang.

Dan memang dalam beberapa riwayat disebutkan
bahwa Rasulullah saw biasanya melaksanakan shalat
sunnah dirumahnya, barulah setelah melihat
jamaah di masjid sudah banyak berkumpul beliau


keluar dari rumahnya menuju masjid yang tidak jauh
berada disebelah rumah beliau untuk mengimamai
shalat berjamaah.

Namun, jikapun harus disepakti waktu jedahnya
para ulama menilai boleh-boleh saja. Dalam hal ini
para ulama madzhab memberikan jawabannya
masing-masing:
1. Madzhab Hanafi

Al-Kasani dalam kitab Al-Bada’i' menjeskan
bahwa:

ينَُ ِ
ْ

ُعِشْ
ُ
رَأ
ْ
ُمَاُيَق ر

ْ
د
َ
جْرُِق

َ
ف
ْ
ُال ي ِ

ُف
َ
ة
َ
ُحَنِيف ي ب ِ

َ
ُأ ُعَنْ حَسَن

ْ
وَرَوَىُال

ُ عَة
ْ
ُرَك لِّ

ُ
كُ ي ِ
ُف
ُ
رَأ
ْ
ُيَق عَات

َ
عَُرَك رْب َ

َ
ُأ ي

ِ
صَل رَُمَاُي

ْ
د
َ
هْرُِق

ُّ
ُالظ ي ِ

ُ,ُوَف
ً
آيَة

ُيَُ ِ
ي ْ
َ
عَت
ْ
ُرَك ي

ِ
صَل ي ُمَاُ ار

َ
د
ْ
ُمِق عَصِْْ

ْ
ُال ي ِ

ُ,ُوَف ُآيَات ِ
ْ

مِنُْعَشْ حْوًاُ
َ
ُن

ُ
رَأ
ْ
ق

ارَُ
َ
د
ْ
ُمِق وم


رِبُِيَق

ْ
مَغ
ْ
ُال ي ِ

ُ,ُوَف ُآيَات ِ
ْ

حْوًاُمِنُْعَشْ
َ
ُن عَة

ْ
ُرَك لِّ

ُ
كُ ي ِ
ف

يْسَُ
َ
ُل ا

َ
ذ
َ
هْرُِوَه

ُّ
ُالظ ي ِ

ُف مَا
َ
كُ اءِ

َ
عِش

ْ
ُال ي ِ

ُوَف ,ُ ُآيَات
َ
لاث

َ
ُث
ُ
رَأ
ْ
ُيَق مَا

ُمَعَُ وْمَ
َ
ق
ْ
ُال حْصْ ِ ُي ُمَا ارَ

َ
د
ْ
ُمِق عَلَ

ْ
ُيَف

ْ
ن
َ
ُأ ي ِ

بَغ
ْ
يَن
َ
ُف ,ُ دِيرٍُلازِم

ْ
ق
َ
ُبِت

ُفِيهَاُ صَل
ْ
ف ُي لا

َ
ُف رِب

ْ
مَغ
ْ
ُال ا مَّ

َ
ُوَأ حَبِّ

َ
سْت م

ْ
ُال تِ

ْ
وَق
ْ
ُال رَاعَاةِ م

ُ ِ
ي ْ
َ
ت
َ
فِيف

َ
ُخ ِ

ي ْ
َ
عَت
ْ
ُبِرَك صَل

ْ
ف ُي :ُ ُّ افِغِي

َّ
ُالش الَ

َ
ُوَق ,ُ ا

َ
دن
ْ
ُعِن لاةِ بِالصَّ

ُصلُاللهُ ِّ ي ب ِ
َّ
وِيَُعَنُْالن اُ(ُمَاُر

َ
ن
َ
وَاتُِ.ُ)ُوَل

َ
ل اعْتِبَارًاُبِسَائِرُِالصَّ

ُوُ ُإلاُعليه اءَ
َ
ُش ُلِمَنْ

ٌ
ُصَلاة ِ

ي ْ
َ
ان
َ
ذ
َ
ُأ لِّ

ُ
كُ ُبَي ْ َ {ُ :ُ الَ

َ
ُق

ه
َّ
ن
َ
ُأ سلم

عْجِيلُِلِمَاُ
َّ
ُالت

َ
رِبُِعَل

ْ
مَغ
ْ
ُال ُمَبْب َ

َّ
ن
َ
ُ,ُوَلأ صٌّ

َ
اُن
َ
ذ
َ
رِبَُ{ُ,ُوَه

ْ
مَغ
ْ
ال

ُصلُ ِ
ه

ولُِاللَّ ُاللهُعنهُعَنُْرَس ي
ُرض صَارِيُّ

ْ
ن
َ
وبَُالأ يُّ

َ
وُأ ب

َ
رَوَىُأ


ُ
َ
ُق

ه
َّ
ن
َ
واُاللهُعليهُوسلمُأ ر

ِّ
خ
َ
ؤ مُْي

َ
ُمَاُل ٍ

ْ
ي
َ
ُبِخ ي ِ

ب مَّ
ُ
زَالَُأ

َ
نُْت

َ
الَُ:ُ}ُل

هَاُ,ُ
َ
ُل ٌ خِي

ْ
أ
َ
لاةُِت ُبِالصَّ صْل

َ
ف
ْ
ومُِ{ُ,ُوَال ج

ُّ
تِبَاكُِالن

ْ
ُاش

َ
رِبَُإلَ

ْ
مَغ
ْ
ال

وُ ب
َ
ُأ الَ

َ
ُق ُ؟ وسِ

ُ
ل ج
ْ
ُبِال صَل

ْ
ف ُي لْ

َ
ُوَه ,ُ لاةِ ُبِالصَّ صَل

ْ
ف ُي لا

َ
ف

وُ ب
َ
الَُأ

َ
ُ.ُوَق صَل

ْ
ف ُ:ُلاُي

َ
ة
َ
ُحَنِيف

ٌ
د حَمَّ فَُوَم وس ُُ-ي

ه
مَاُاللَّ رَحِمَه

ُ
َ

عَالَ
َ
ُُ-ت ِ

ي ْ
َ
طْبَت


خ
ْ
ُال ُبَي ْ َ ي ِ

ب
ه
سَةُِال

ْ
جَل
ْ
ال
َ
كُ ة

َ
فِيف

َ
ُخ سَة

ْ
ُبِجَل صَل

ْ
ف :ُي

Dalam dalam pandangan Imam Abu Hanifah
waktu jedah untuk adzan subuh selama durasi
membaca 20 ayat Al-Quran dengan bacaan tartil,
untuk shalat zuhur jedah waktunya sebatas
mengerjakan empat raka’at shalat sunnah, pada
setiap rekaatnya selama membaca 10 ayat, sedang
untuk adzan ashar waktunya cukup untuk
mengerjakan shalat sunnah dua raka’at, pada setiap
rakaatnya selama membaca 10 ayat, dan waktu
jedah untuk adzan magrib selama membaca 3 ayat,
dan waktu jedah untuk adzan isyak seperti waktu
jedah untuk adzan zuhur13.

Lebih lanjut, masih didalam teks diatas, dalam
madzhab Hanafi, memang iqamah setelah adzan
maghrib disunnhakan untuk disegerakan, namun
makna disegerakan itu dalam internal madzhab ini
juga tidak satu kata, sebagian ulama dalam
madzhab ini menilai disegerakan yang dimaksud
tidak menjedahnya dengan shalat sunnah, namun
cukup dengan duduk sebentar seperti duduknya
khotib diantara dua khutbah, ini pendapat Abu


Yusuf murid Imam Abu Hanifah, namun sebagian
yang lain malah berpendapat tidak harus duduk
sebentar tapi langsung iqamah saja dan ini adalah
pendapat Imam Abu Hanifah.
2. Madzhab Maliki

Imam Al-Qarafi salah satu ulama dalam madzhab
Maliki menjelaskan di dalam kitab Adz-Dzakhirah:

ةُ
َ
ُحنيف ي وَعندُأب اُ

َ
مغربُعندن

ْ
ُال

َّ
امَةُإِلَّ

َ
ق ِ
ْ
انُِوَالإ

َ
ذ
َ ْ
ُالأ ُبَي ْ َ صِل

ْ
يَف

ُ ِ
ي ْ
َ
طْبَت


خ
ْ
ال
َ
كُ سَة

ْ
ُبِجِل مَا ه

َ
ُبَيْن صْلِ

َ
ف
ْ
ُال ي ِ

ُف ُلِصَاحِبَيْهِ ا
ً
ف
َ
خِلَ

ُ
َ
صْلُِبَيْن

َ
ف
ْ
ُال ي ِ

ُف ِّ افِغِي
َّ
ُوَلِلش ِ

ي ْ
َ
ت
َ
فِيف

َ
ُخ ِ

ي ْ
َ
عَت
ْ
مَاُبِرَك ه

Antara adzan dan iqamah diberikan waktu jedah
kecuali waktu maghrib, ini adalah pendapat kami
(madzhab Maliki) dan pendapat Imam Abu Hanifah,
berbeda dengan pendapat kedua murid Imam Abu
Hanifah yang menilai bahwa waktu maghrin tetap
diberikan waktu jedah duduk sebentar seperti
duduknya diantara dua khutbah, dan berbeda juga
dengan pandangan madzhab As-Syafi’I yang menilai
pada waktu maghrib tetap diberikan jedah waktu
untuk pelaksanaan shalat dua rakaat14.
3. Madzhab Syafi’i

Menurut madzhab Syafi’i seperti yang dijelaskan
dalam kitab Al-Majmu’ bahwa:

وُْ
َ
ُأ ة

َ
عْد

َ
اُبِق ً ُيَسِي

ً
صْلَ

َ
امَتِهَاُف

َ
انِهَاُوَإِق

َ
ذ
َ
ُأ صِلَُبَي ْ َ

ْ
ُيَف

ْ
ن
َ
ُأ حَبُّ

َ
سْت ي


اُ
َ
ن ب
َ
ه
ْ
مَذ اُ

َ
ذ
َ
حْوِهِمَاُه

َ
وُْن
َ
ُأ وت

ُ
ك س

Para ulama madzhab As-Syafii sepakat bahwa
mustahab (disukai) untuk memberi jedah antara
adzan dan iqamah pada waktu maghrib dengan
duduk atau diam sebentar15

Dilain tempat, imam Zakariya Al-Anshari dalam
kitab Asna Al-Mathalib menambahkan:

رُِ)
ْ
د
َ
ُ)بِق امَةِ

َ
ق ِ
ْ
ُوَالإ انِ

َ
ذ
َ ْ
ُالأ ُبَي ْ َ مَامِ ِ

ْ
ُالإ ُمَعَ


ن
ِّ
ذ
َ
ؤ م

ْ
ُال ) صِل

ْ
وَيَف

ُاجْتِمَُ ي ِ
ب
ه
ُال ةِ(

َّ
ن ُالسُّ اءِ

َ
د
َ
رُِ)أ

ْ
د
َ
ُبِق ُ)وَ( ةِ

َ
لَ ُالصَّ انِ

َ
ُمَك ي ِ

اسِ(ُف
َّ
ُالن اعِ

ُ ي ِ
ُ)ف مَا ه

َ
ُبَيْن صِل

ْ
ُيَف ُ)وَ(

ٌ
ة
َّ
ن ُس هَا

َ
بْل
َ
ُق

َ
ان
َ
كُ
ْ
ُإن ةِ

َ
رِيض

َ
ف
ْ
ُال بْلَ

َ
ق

ةُ
َ
طِيف

َ
ُل ة
َ
ت
ْ
رِبُِبِسَك

ْ
مَغ
ْ
ُ(ال

Muadzin hendaknya memberikan jedah antara
adzan dan iqamahnya sebatas jamaah shalat
sudah berkumpul di masjid, atau sebalama
seseorang melaksanakan shalat sunnnah
qabliyah, dan untuk untuk waktu maghrib juga
diberikan waktu jedah sebentar saja16.

Jadi dalam madzhab ini tidak ketentuan khusus
seberapa lama waktu jedah antara adzan dan
iqamah, ketentuannya flexible saja, sebatas
menunggu jamaah hadi, baru kemudian iqamah bisa
di kumandangkan sebagai tanda dimulainya shalat
berjamaah.


4. Madzhab Hanbali
Imam Ibnu Qudamah menuliskan:

ُ
َ ْ
ُالأ ُبَي ْ َ صِلَ

ْ
ُيَف

ْ
ن
َ
ُأ حَبُّ

َ
سْت وءُِوَي


ض و

ْ
ُال رِ

ْ
د
َ
ُبِق امَةِ،

َ
ق ِ
ْ
ُوَالإ انِ

َ
ذ

ُ سَة
ْ
ُبِجَل صِلَ

ْ
ُيَف رِبِ

ْ
مَغ

ْ
ُال ي ِ

ُوَف ُفِيهَا،
َ
ون


ئ هَيَّ

َ
ُيَت ، ِ

ي ْ
َ
عَت
ْ
ُرَك ةِ

َ
وَصَلَ

ةُ
َ
فِيف

َ
خ

Mustahab (disukai) untuk membeikan jedah
abtara adzan dan iqamah cukup bagi seseorang
untuk berwudhu dan shalat sunnah dua rakaat
serta kesiapan yang lainnyam khusus untuk waktu
maghrib diberi jedah hanya sebatas duduk
sebentar saja17.

Imam Al-Buhuti sebagai salah satu ulama
bermadzhab Hanbali mempertegas bahwa:

ُ( ُ (ُ انِ
َ
ذ
َ
ُالأ

َ
ُبَعْد )ُ

َ
امَة

َ
ُالِإق رَ

ِّ
خ
َ
ؤ ُي

ْ
ن
َ
ُأ سَنُّ ُوَي


غ ر

ْ
ُيَف ُمَا )ُ رِ

ْ
د
َ
بِق

ُ(ُ رِ
ْ
د
َ
ُبِق )ُ ُوَ (ُ ائِطِهِ

َ
ُوَغ ُبَوْلِهِ :ُ يْ

َ
ُأ )ُ ُحَاجَتهِ (ُ ُمِنْ


سَان

ْ
الِإن

يُْ
َ
حْوِهُِ(ُأ

َ
لِهُِوَن

ْ
ك
َ
ُمِنُْأ ُالآكِل

َ
ر غ
ْ
ُ,ُوَلِيَف ِ

ي ْ
َ
عَت
ْ
وئِهُِ,ُوَصَلاةُِرَك


ض و

ُصل َّ ي ب ِ
َّ
ُالن

َّ
ن
َ
ُلِحَدِيثُِجَابِرٍُأ بِهِ ْ


ُشْ ارِبُِمِنْ

َّ
الش

َ
كُ اللهُعليهُُ:

ُ

ر غ
ْ
ُيَف رَُمَا

ْ
د
َ
امَتِكُق

َ
انِكُوَإِق

َ
ذ
َ
ُأ ُبَي ْ َ ُاجْعَلْ {ُ ُلِبِلال الَ

َ
وسلمُق

لَُ
َ
خ
َ
ُد ا

َ
ُإذ ي ِ

ض
َ
ت
ْ
ق م
ْ
ُوَال ,ُ بِهِ ْ


ُشْ ُمِنْ ارِب

َّ
ُوَالش ,ُ لِهِ

ْ
ك
َ
ُأ ُمِنْ الآكِل

ُ ي ِ
ُف (ُ سَنُّ ُي ُوَُ( (ُ .ُ مِذِيُّ ْ

دُوَالي ِّ او
َ
وُد ب

َ
ُأ ُرَوَاه }ُ ُحَاجَتِهِ اءِ

َ
ض
َ
لِق


ُ
ْ
امَةُِ)ُال

َ
يُْ:ُالِإق

َ
هَاُ(ُأ

َ
بْل
َ
ُ)ُيَجْلِسَُق

ْ
ن
َ
هَاُأ

َ
ُل
َ
ن
َّ
ذ
َ
اُأ
َ
يُْ:ُإذ

َ
رِبُِ(ُأ

ْ
مَغ

ُ
ً
ة
َ
فِيف

َ
ُخ

ً
سَة

ْ
( جِل

Disunnahkan untuk mengakhirkan iqamah setelah
adzan selama seseorang bisa menyelesaikan
hajatnya; selesai dari buag air, selesai dari
wudhunya, selesai dari shalat sunnah dua rakaat,
dan selesainya orang yang lagi makan dan
minum, dan juga disunnahkan pada waktu
maghrib setelah adzan untuk duduk sebentar
sebelum iqamah.18

Sama seperti sebelumnya bahwa dalam
pandangan madzhab Hanbali sunnah hukumnya
memberikan waktu jedah untuk setiap waktu shalat,
hanya saja waktu jedahnya diserahkan kebijakannya
kepada situasi dimasyarkat setempat, dan khusus
untuk waktu maghrib waktu jedahnya lebih pendek
dari pada waktu jedah pada waktu shalat lainnya.

Setelah membaca dan melihat pendapat dalam
masing-masing madzhab, sebenarnya tidak ada
ketentuan khsusus dalam masalah batasan waktu
jedah antara adzan dan iqamah ini, termasuk waktu
yang diberikan dalam madzhab Hanafi itu juga lazim
(tidak harus) persis seperti itu.

Karenanya masalah ini sifatnya sangat flexibel
sekali, dan menurut hemat penulis tidak masalah
juga atau bahkan malah bagus jika batasan waktu
itu disepakati bersama berdasarkan menit, misalnya


saja waktu iqamah pada shalat subuh adalah 15
menit setelah adzan, untuk zuhur 15 menit juga,
ashar 10 menit, maghrib 5 menit, dan isyak 10
menit, dengan demikian akan lebih teratur dan
pastinya lebih konsisten, sehingga maksud dari
adzan itu tersamapaikan, yaitu memberi tahu
masuknya waktu shalat dan memanggil orang-orang
yang berada diluar masjid untuk segera ke masjid,
dan tentunya orang yang dipanggil butuh waktu
untuk merapat ke masjid.
G. Kesimpulan

Shalat berjamaah di masjid itu pastinya lebih baik
ketimbang shalat sendirian, dan setiap kali
masuknya waktu shalat biasanya diberitahu dengan
adzan, adzan selain bertujuan untuk memberi tahu
masuk waktu shalat juga berfungsi sebagai
panggilan atau ajakan untuk shalat berjamaah.

Mereka yang dipanggil tentunya berada dalam
kondisi yang beragam, ada yang sudah berada
dimasjid, ada yang masih di kantornya, ada yang
sedang otw (on the way) ke masjid, ada sedang
makan, ada di kamar mandi, ada masih antri wudhu,
dan kalau malam hari ada yang mungkin masih
tidur, ada baru melek, ada yang butuh mandi wajib
dulu, ada yang manasin motor, dst, kondisi inilah
yang akhirnya membuat seorang muadzin kudu
menunggu jamaah sebelum iqamah, terlepas ada
atau tidaknya shalat sunnah qabliyah, mau atau
tidakmaunya melaksanakan shalat sunnah tersebut.

Atas dasar beragama kondisi inilah akhirnya
Rasulullah saw berpesan kepada Bilal yang waktu itu


menjadi muadzin tetapnya RAsulullah saw:

ُأذََانهكَُوَإهقَامَتهكَُنَ فَسًاُيَ فْرهغهُالْْكهلهُ ،ُاجْعَلُْبَيَْْ يََُبهلََله
ُ ُفِه ُحَاجَتَهه ئه تَ وَضيه ُالْمه ي ُوَيَ قْضه ُمَهَلٍ، ُفِه هه ُطَعَامه نْ مه

مَهَلٍُ
“Wahai Bilal, berilah jedah waktu antara adzan da
iqamahmu, agar yang sedang makan bisa
menyelesaikan makannya, dan yang sedang
wudhu bisa menyelesaikan segala hajatnya. (HR.
Ahmad)

Juga sabda Rasulullah saw berikut:

ُ ُمَا ُقَدْرَ ُوَإهقَامَتهكَ ُأذََانهكَ ُبَيَْْ نُْوَاجْعَلْ ُمه ُالْكهله يَ فْرهغه
ُ ُلهقَضَاءه ُدَخَلَ ُإهذَا ره عْتَصه

ه
ُوَالم رْبههه، ُشه نْ ُمه ُوَالشَارهبه أَكْلههه،

ُ حَاجَتههه،ُوَلَُتَ قهومهواُحَتََُّتَ رَوْنه
“Wahai, Bilal, berilah waktu jeadah antara adzan
dan iqamahmu untuk mereka agar menyelesaikan
makannya, dan menyelesaikan minumnya, juga
untuk mereka agar yang sedang buang hajat
menyelesaikannya, dan janganlah kalian iqamah
kecuali setelah melihatku” (HR. Tirmidzi)

Wallahu A’lam Bisshawab

Share:

0 comments:

Posting Komentar

VISITOR

FOLLOWERS

Ruang Iklan

contoh
Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
AD DESCRIPTION
Pesan Disini!